Don't miss

562 Warga Desa Kutosari Belum Terkover BPJS

By on March 13, 2014

ktsASIK KEBUMEN-Sedikitnya 562 warga miskin di desa Kutosari Kecamatan Kebumen belum terkover program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Menurut hasil pendataan secara mandiri yang di lakukan Komite Kajian Kebijakan Daerah (K3D) Kebumen, dari jumlah penduduk desa Kutosari 5.956 jiwa, yang terkover menjadi peserta Jamkesmas BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) sebanyak 1.465 jiwa. Namun setelah kami lakukan pendataan, masih ada 562 warga miskin yang belum terkover peserta Jamkesmas atau BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI), kata Presidium K3D Hariyanto, di temui di kantonya, kemarin.

Ia menyebutkan, untuk RW 02 terdapat 246 warga yang belum terkover BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI). RW 03 terdapat 31 warga miskin dan warga RW 04 terdapat 285 warga miskin. Sehingga total warga miskin yang belum terkover sebanyak 562 orang, jelasnya.

Badruzzaman, anggota K3D menambahkan, perbedaan penggunaan data untuk warga miskin dalam pemberian pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dengan pendataan penerima beras miskin (Raskin) menjadi penyebab banyaknya warga yang tidak terkover dalam kepesertaan Jamkesmas. Warga banyak yang komplain, akibatnya perbedaan data yang juga di anggap tidak valid.

Berdasarkan catatan kami, selama tahun 2013 terdapat banyak masalah dalam pelaksanaan program Jamkesmas. Mulai dari proses pendataan, pengecekan data ulang hingga pelaksanaan di lapangan, terangnya.

Program Jamkesmas pemerintah pusat beda dengan beras miskin (Raskin). Dimana untuk data penerima Raskin hampir tiap tahun selalu di verifikasi ulang. Sedangkan untuk Jamkesmas, pendataan ulang hanya di lakukan ketika masa aktif kartu telah habis. Padahal bisa saja dalam beberapa tahun sudah ada perubahan penerimanya, sesalnya.

Ia menegaskan, dalam waktu dekat ia akan melaporkan warga miskin yang masih belum terkover Jamkesmas atau BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) tersebut ke Pusat Jakarta. Harapannya, mereka dapat di terima sebagai usulan tambahan.

Sumber: Kebumen Ekspress, Senin, 10 Maret 2014.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,051 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>