Don't miss

Advokasi Program Prolanis, Dimulai

By on May 12, 2014

Prolanis7ASIK KEBUMEN-Salah satu kegiatan Komunitas Informasi Pojok JKN Kebumen di bulan April 2014 adalah Advokasi Pendampingan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Untuk Lansia di wilayah Puskesmas Kebumen III yang meliputi 4 desa dan 2 kelurahan yaitu, desa Kutosari, Gemeksekti, Jemur, Karangsari, Kelurahan Kebumen dan Bumirejo.

Dilaksanakan di Puskesmas Kebumen III, 2 kali dalam satu bulan, yaitu kegiatan senam peserta Prolanis dan penyuluhan kesehatan. Peserta masing-masing desa adalah 50 orang dalam satu kali kegiatan senam dan penyuluhan. Jumat, 11 April 2014 adalah kesempatan pertama untuk desa Kutosari, sedangkan Jum’at, 25 April 2014 adalah kesempatan untuk Kelurahan Kebumen.

Kegiatan senam ini, di harapkan akan menjalin kerjasama yang baik dengan pihak pemerintah desa masing-masing. Dimana, desa harus mempunyai data warganya yang berpenyakit kronis untuk di rekomendasikan ke Puskesmas. Warga tersebutlah yang di kirim untuk mengikuti kegiatan senam dan penyuluhan kesehatan. selanjutnya, mereka akan di data menjadi peserta program Prolanis, dan akan mendapatkan pelayanan kesehatan sampai kondisi mereka normal kembali.

Seperti yang di sampaikan kepala BPJS Kesehatan Kebumen, Suwarto SE MM, beberapa waktu yang lalu, Peserta program prolanis, saat ini di prioritaskan yang berpenyakit diabetes militus dan hipertensi. Mereka akan mendapat perhatian khusus dari Puskesmas dan dokter spesialis yang menanganinya serta kemudahan obat yang di butuhkannya melalui apotik yang di tunjuk (bekerjasama) oleh BPJS Kesehatan, begitu juga untuk berobat kembali. Mereka sudah terdaftar sebagai peserta yang ikut program Prolanis, maka akan mendapat perhatian dan bimbingan khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,195 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>