Don't miss

Akses Informasi Ungkap Dampak Pencemaran PT IKPP (Bag 2)

By on May 28, 2014

Gambar Peta Lokasi Pemantauan Kualitas Air Sungai CiujungPengaruh limbah  terhadap pertanian dan perikanan serta penyebab air sungai menghitam

Contoh dari bagian pertama yang terjadi pada Desa Tengkurak merupakan gambaran dari masyarakat yang terkena dampak dari pencemaran Sungai Ciujung oleh PT IKPP. Hasil dari pertanian dan perikanan masyarakat terus menurun akibat limbah tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Etty pun coba mengungkapkan secara sederhana bagaimana limbah itu berpengaruh terhadap pertanian dan perikanan.

Jika keluarnya limbah itu tidak dalam jumlah yang banyak maka pengaruhnya pun cukup sedikit. Ini sama halnya dengan semprotan nyamuk. Kalau seseorang menyemprot obat nyamuk, itu ada efeknya terhadap tubuh, tetapi tidak  mematikan jika penggunaannya sedikit. Beda dengan orang yang minum segelas  obat nyamuk, itu bisa mengakibatkan orang tersebut meninggal.

Dalam hal ini pun, meskipun limbah dibuang secara sedikit-sedikit, racunnya itu akan terakumulasi masuk ke dalam tubuh ikan dan tanaman / pertanian. Ini cukup bahaya, karena kita tidak bisa melihat racun tersebut dan tidak mungkin ketika  kita mau makan periksa dulu ke laboratorium.

Dalam laporan audit lingkungan wajib PT IKPP disebutkan bahwa IPAL juga mengolah limbah proses produksi dari unit deinking (DIP) dan dapur pewarna. Deinking itu adalah penghilangan tinta dari kertas bekas. Selain  mengolah bubuk kayu (pulp), perusahaan juga mendaur ulang kertas. Itulah  deinking yang merupakan penghilangan tinta. Catnya itu akan lepas dan masuk ke air, ini juga merupakan logam berat.

Deinking akan lebih mudah melepaskan tinta itu dari kertas koran, karena menggunakan bahan dasarnya minyak nabati dan mudah sekali dihilangkan. Akibatnya adalah, satu, hitamnya dari tinta. Kedua, dalam penggunaan Pulp-nya itu warna coklat kayunya dibuang pada waktu pemutihan.

Di situ banyak sekali bahan organik yang lepas, lalu diuraikan dan jika oksigennya kurang pada penguraian, maka akan keluar gas racun. Itulah sebabnya, sungai menjadi berwarna hitam, sekaligus mengeluarkan bau yang menusuk.

Bersambung ke Bagian 3

Gambar: http://dsdap.bantenprov.go.id/upload/articles/GBR/Gambar%20Peta%20Lokasi%20Pemantauan%20Kualitas%20Air%20Sungai%20Ciujung.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,765 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>