Don't miss

Antusiasme Komunitas PINTER Menggarap Buletin Perdananya

By on January 23, 2014

buletin-edisi-21

ilustrasi gambar: k3dkebumen.wordpress.com

JAKARTA―Komunitas PINTER (Pusat Informasi Tegal Randu) kembali menggelar Diskusi Informasi Publik Ke-4, Sabtu, (1/11/2013). Diskusi lanjutan ini mundur dari jadwal yang telah ditentukan, yaitu 26 Oktober 2013 karena kesibukan beberapa anggota Komunitas Pinter yang terlibat sebagai panitia penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa Tegal Randu. Mundurnya pelaksanaan diskusi ini juga berdampak pada mundurnya penerbitan Buletin PINTER edisi perdana.  Buletin perdana seharusnya terbit di bulan Oktober tetapi baru dapat terlaksana pada awal November.

Fokus utama dalam diskusi ini adalah untuk membicarakan mengenai hasil tulisan para anggota komunitas PINTER dalam buletin. Materi tulisan yang diharapkan adalah seputar Keterbukaan Informasi Publik dan Jaminan Kesehatan Nasional yang dalam beberapa bulan ini kedua isu tersebut mereka pelajari bersama-sama melalui serangkaian workshop dengan MediaLink dan melalui audiensi dengan Wakil Bupati Lumajang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang serta PT. Askes Kabupaten Lumajang.

Pada buletin edisi pertama, awal materi tulisan lebih banyak digali dari pengalaman workshop isu Keterbukaan Informasi Publik dan Jaminan Kesehatan Nasional. Adapun tujuan penerbitan Buletin ini adalah sebagai media belajar bersama anggota PINTER tentang cara pencarian dan penulisan sebuah informasi, sebagai media penyebaran informasi bagi masyarakat, serta sebagai media advokasi untuk pemerintah baik Legislatif maupun Eksekutif.

Sebagai media belajar bersama anggota Pinter, buletin ini dibuat sebagai kumpulan informasi yang akan disuguhkan dan bersifat penting untuk diketahui oleh masyarakat.  Buletin ini nantinya tidak hanya akan selalu membahas masalah JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), tetapi juga akan memuat hal-hal lain yang berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat baik itu tentang kebijakan publik maupun hal-hal lain yang penting untuk diketahui bersama. Di sisi lain, tujuan buletin sebagai media penyebaran informasi bagi masyarakat adalah agar masyarakat dapat mempelajari mengenai hal-hal baru yang terkait dengan kehidupan mereka. Misalnya mengenai JKN yang masih sama sekali baru di masyarakat. Sementara itu, buletin sebagai media advokasi akan menjadi ruang dialog mengenai hal-hal yang terkait dengan isu JKN yang sedang diusung oleh PINTER dan MediaLink, dengan para pejabat di Lumajang baik Eksekutif maupun Legislatif.

Setelah semua tulisan diolah, para anggota kemudian membahas mengenai desain dan lay out dari buletin yang akan diterbitkan. Pertanggung jawaban pembuatan desain diberikan kepada Sandy meskipun prosesnya dilakukan oleh Rokib. Proses editing lay out dan desain dilanjutkan keesokan harinya karena membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembuatannya.  setelah semua proses tersebut dilakukan, buletin PINTER akhirnya dapat diterbitkan. Meski masih dalam bentuk foto copy, tetapi hal tersebut tidak mengurangi kualitas tulisan dalam buletin tersebut. Dengan penuh percaya diri,  anggota Komunitas PINTER membagikan buletin tersebut kepada masyarakat dan juga mengantarkannya ke kantor DPRD Lumajang, Bupati Lumajang, Dinas Kesehatan, PT. Askes dan tempat-tempat lain yang dirasa perlu. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,192 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>