Don't miss

Dinas Kesehatan Wonosobo: Waspadai Oknum BPJS

By on November 3, 2015

Loka latih JKN di Wonosobo

Belum pastinya data Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Wonosobo, membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) mengalami kesulitan untuk mengatasi oknum-oknum yang tidak  bertanggungjawab.

“Oknum-oknum ini mengambil kesempatan dari pasien yang kesulitan dalam mengakses Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Mereka biasanya beroperasi di depan UGD Rumah Sakit,” papar Okie dari kepala Dinkes Wonosobo dalam Loka latih yang digelar oleh Media Link pekan lalu.

PBI adalah persoalan Pemerintah Daerah (Pemda), yang sampai saat ini sekitar 55 ribu orang yang belum tercover dalam PBI.

“Masyarakat Wonosobo berjumlah 800 ribu, hampir 50 persen masyarakatnya miskin. Jadi, sekitar 400 ribu masyarakatnya harus menerima PBI. Namun, ada beberapa yang belum terdata dalam PBI, akibatnya pemerintah belum membayar pembiayaan PBI ke BPJS,” papar Okie.

Menurut Okie, pemerintah Wonosobo mampu membayarkan PBI jika saja pihak pemerintahan serius mengurusnya. Pembiayaan PBI ini diatur oleh UU tentang Kesehatan Nasional.

“Hingga kini, alokasi anggaran kesehatan di Wonosobo sudah mencapai 16%,” tukasnya.

Peningkatan pelayanan kesehatan di Wonosobo dalam rangka menjamin kesehatan warga sudah mulai kenunjukkan hasilnya. Menurut data Dinkes, angka kematian ibu hamil sudah bisa ditekan.

“Persoalan PBI adalah orang yang sudah benar-benar miskin tidak terdata,” keluh Okie.

PBI sudah meniadakan pembiayaan persalinan bagi pesertanya. Persalinan di puskesmas desa menurut Okie, bukan lagi permasalahan. Karena yang penting adalah tempat dan tenaganya tersedia dimana sarana persalinan terpenuhi.

“Dinkes menghimbau agar persalinan dilakukan di puskesmas untuk meghindari kematian ibu melahirkan karena keterlambatan penanganan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,818 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>