Don't miss

Diruwat, Warga Tengkurak Minta Pemerintah Percepat Pemulihan Ciujung

By on November 16, 2016
Prosesi Ruwatan Sungai Ciujung

Prosesi Ruwatan Sungai Ciujung

Serang-Ratusan Masyarakat Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang kembali mengadakan Festival Ruatan Sungai Ciujung pada hari Kamis, 10 November 2016. Sebelumnya kegiatan serupa pernah dilaksana pada 15 November tahun lalu. Ruwatan dengan cara melarungkan kepala kambing, ayam, hasil bumi dan sesajian lainnya tersebut bertujuan untuk melestarikan dan menjaga sungai Ciujung yang saat ini sudah sangat tercemar.

Ruatan sendiri merupakan ritual tradisional Banten untuk memulihkan, dan dengan melakukan ruatan masyarakat Desa Tengkurak khususnya berharap sungai yang menjadi sumber air domestik mereka sehari-hari itu dapat kembali pulih kualitasnya.

Acara ruwatan sendiri sedianya dibuka secara langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah namun pada detik-detik akhir beliau berhalangan sehingga digantikan oleh Kepala BLHD Kabupaten Serang Irawan Noor.
Dalam sambutannya Irawan menyampaikan jika pada Tahun 2015, BLHD Serang telah menjatuhkan sanksi administrasi paksaan pemerintah terhadap lima belas perusahaan yang melanggar ketentuan pembuangan limbah ke Sungai Ciujung. Dua di antara 15 perusahaan tersebut kini sedang membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang baru. Sementara Dua belas perusahaan lainnya kini sedang memperbaiki pengolahan limbahnya.
“Dan satu perusahaan sisanya kini sudah berhenti melakukan produksi,” kawa Irawan Noor di dalam acara ruatan Ciujung

Kemudian Irawan menegaskan bahwa Pemkab Serang melalui BLHD Serang tidak akan menoleransi perusahaan yang membandel terhadap sanksi. Salah satunya, PT Cipta Paperia yang penanganannya telah dilimpahkan ke PPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Menurutnya Proses hukum pidana sedang dilakukan terhadap PT. Cipta Paperia “Saat ini kasusnya dalam tahap Penyidikan,” Imbuhnya

Irawan menjelaskan bahwa dalam konteks Serang hal ini dapat dilakukan untuk memastikan ketaatan perusahaan yang sudah pernah disanksi, “PT Indah Kiat Pulp & Paper yang ada di Kragilan memperbaiki pengolahan limbahnya dengan membuat saluran limbah dan masyarakat dapat melihat kerja dari saluran ini karena proses pembangunannya dilakukan di pinggir jalan yg dapat diakses.

Sementara itu Direktorat Pengendalian Pencemaran Air KLHK Safrudin menyampaikan selain penegakan hukum, pentingnya pelibatan masyarakat dalam pengawasan ketaatan perusahaan. Dia menghimbau agar masyarakat juga berperan serta dalam pengelolaan sungai melalui pemantauan dan menyampaikan hasil pemantauannya kepada masyarakat dan pemerintah.

Safrudin yang mengenakan kemeja putih lengan panjang tersebut menambahkan, bahwa Pemkab dapat mewajibkan adanya informasi nama perusahaan di outlet pembuangan limbah cairnya. Ini penting agar partisipasi masyarakat dalam melakukan pemantauan dapat semakin kuat.
Sedangka dalam acara dialog, Kepala Desa Tengkurak Suryadi berharap pemerintah dapat melaksanakan dengan cepat tugas dan fungsinya. Pasalnya pada musim kemarau basah ini, walaupun masih lebih baik dari tahun lalu, Ciujung masih hitam dua sampai tiga kali setiap bulannya. Padahal menurtnya Sungai Ciujung merupakan mata pencaharian dan sumber air dari warga Ciujung. Karena itu dia minta Pemerintah segera melakukan pemulihan secepatnya. Termasuk kerja pengerukan pendangkalan sungai yang tidak kunjung terlaksana.
“Satu lagi, untuk perusahaan-perusahaan di kawasan industri, kami mohon pengawasan dan penegakan hukum dilaksanakan seketat-ketatnya,” ujar Suryadi.

Menanggapi permintaan dari kepala lurah tersebut, Safrudin dari KLHK menjelaskan jika pengerukan merupakan bukan wewenang dari KLHK melainkan dari Kementerian PU. Namun dia menegaskan jika pihaknya akan berkoordinasi dengan lembaga dan Kementerian terkait penanganan Ciujung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,789 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>