Don't miss

Dokter BPJS Kebumen bertambah 52 Dokter Umum dan 20 Dokter Gigi

By on May 12, 2014

dokterASIK KEBUMEN-Di awal pemberlakuan BPJS Kesehatan, jumlah dokter yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Kebumen sebanyak 49 dokter, hanya beberapa dokter gigi. Sampai Mei 2014 ini, kami sudah menambah dokter setelah kemarin melalui proses pendaftaran dan seleksi, bertambah 52 dokter umum dan 20 dokter gigi. Dari jumlah dokter umum di Kebumen sebanyak 140 dokter, tidak semuanya mendaftar. Kami sudah berkomunikasi dengan pihak IDI, agar menganjurkan kepada anggota IDI agar mendaftar sebagai dokkter keluarga BPJS Kesehatan Kebumen. Hal tersebut di sampaikan Suwarto, Kepala Operasional BPJS Kesehatan Kebumen pada Jum’at (9/5) lalu.

Komunitas Informasi Pojok JKN mendesak agar jumlah dan alamat dokter yang sudah bertambah ini agar di publikasikan ke masyarakat, adalah hak peserta untuk tahu. Tidak hanya pilihan dokter yang relatif banyak ketika peserta mendaftar. Ini juga erkaitan dengan hak peserta untuk ganti pilihan dokter sebagai Faskes tingkat I setelah 3 bulan. Juga terkait masalah geografis. Kalau kemarin, dokter yang ada secara geografis belum merata, bahkan jaraknya jauh dengan peserta yang ada di gunung dan pedesaan. Sekarang relatif lebih banyak dan luas geografisnya di bandingkan kemarin yang hanya 49 dokter. Termasuk diantaranya jumlah dokter gigi yang di rasa masih sangat sedikit, dan penyebarannya belum merata di wilayah Kebumen.

Mengacu pada badan kesehatan dunia WHO, kriteria rasio ideal dokter adalah, 1 dokter melayani kurang dari 3 ribu orang.
Sementara data warga miskin di Kebumen dan sudah teregister mencapai 649.291 jiwa. Ini belum jika di lihat dari jumlah penduduk Kebumen yang mencapai 1,3 juta jiwa. Artinya, dari jumlah data miskin, butuh sedikitnya 216 dokter untuk memberikan pelayanan dengan ideal. Dengan begitu, BPJS Kesehatan Kebumen, harus terus mengupayakan menambah dokter lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,051 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>