Don't miss

Hindari Calo, BPJS Kerjasama Dengan Indomaret

By on November 4, 2015

Loka Latih JKN-PBI-KIS di Wonosobo

 

 

Selain kendala tersumbatnya informasi kepesertaan dan pelayanan, pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Masyarakat pun menemui kesulitan dalam mekanisme pembayaran yang harus dilakukan transfer via rekening bank.

Hal tersebut ditemui pada saat loka latih yang diselenggarakan oleh Media Link di desa Keseneng, Wonosobo.

Disampaikan oleh Khayat Zaenal selaku fasilitator, mewakili para peserta kepada Prasetya Anangbaja dari BPJS Kesehatan unit Wonosobo.

“Bisakah desa memfasilitasi pembayaran BPJS secara kolektif, dimana Pemdes yang akan membayarkannya ke bank yang ditunjuk. Karena tidak semua masyarakat bisa mengakses ATM?,” usulnya.

Menanggapi usulan tersebut Prasetya Anangbaja dengan tegas menolaknya. Pihaknya sudah pernah menerapkan hal demikian, terkait dengan karakter masyarakat di wilayah Wonosobo yang kolektif komunalnya masih kuat.

“Tetapi di beberapa daerah perkotaan hal itu memunculkan calo, kita bertugas melindungi warga dari calo yang demikian.”

Menurut Anang untuk pembayaran BPJS pihaknya telah bekerjasama dengan 3 bank. Yaitu, BRI, Mandiri dan BNI. Pembayaran dapat dilakukan dengan auto debet dimana pembayaran akan dilakukan secara otomatis dari rekening nasabah oleh bank.

Meski demikian, masih ada keluhan dari masyarakat yang tidak memiliki rekening pada bank yang ditunjuk.

“Untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran iuran bulanan, kini BPJS telah bekerjasama dengan Indomaret. Selain itu, pihaknya sedang menjajaki kerjasama dengan Kantor Pos di seluruh Indonesia,” lanjutnya menjelaskan.

Lebih lanjut Anang menjelaskan terkait mekanisme pembayaran iuran bulanan BPJS.

“Kami (BPJS) bukan sebagai penerima iuran, melainkan penyelenggara program. Jika BPJS menerima iuran, kami akan dilaporkan pada KPK,” imbuhnya. [Milliyya]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,108 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>