Don't miss

Inilah Mekanisme Kerja Pos Pengaduan JKN-PBI-KIS

By on October 26, 2015

Untitled

Adanya hambatan pelayanan kepada peserta yang terdaftar sebagai penerima Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dapat diminimalisir dengan oleh peran serta masyarakat atau komunitas yang aktif melakukan pengawasan pelaksanaan PBI di lapangan.

Jika, menemukan pelayanan sistem JKN-PBI-KIS yang tidak sesuai warga dapat mengadukannya kepada pos pengaduan yang dibentuk oleh komunitas warga yang terlibat dalam pengawasan.

Pos pengaduan dapat dibuka oleh warga dengan beberapa langkah. Yakni, menentukan siapa, dimana dan kapan pos pengaduan dibuka, menyiapkan perangkat dan bahan pos pengaduan, mensosialisasikan keberadaan pos pengaduan kepada masyarakat, terakhir menerima pengaduan dari masyarakat, menganalisis pengaduan, membuat laporan dan memberikan dampingan kepada pelaporan tersebut untuk disampaikan pada unit pengaduan internal dan eksternal pemerintah.

Adapun mekanis kerja pos pengaduan yang dilakukan oleh warga adalah sebagai berikut:

  1. Menerima pengaduan langsung dan tidak langsung. Pengaduan langsung adalah pengaduan yang langsung disampaikan oleh pengadu pelayanan kesehatan pada pos pengaduan. Dalam pengaduan ini pengadu dapat menyampaikan informasi, data dan bukti pelanggaran pelayanan sesuai dengan prinsip 5W 1H (What, Why, When, Who, Where dan How). Sedangkan, pengaduan tidak langsung adalah pengaduan yang disampaikan melalui media sosial seperti email, facebook, situs atau web khusus pengaduan, telepon/handphone, kotak pengaduan atau media lain.
  2. Menganalisa pengaduan adalah menguji dugaan pelanggaran pelayanan apakah terjadi hambatan dalam pelayanan atau tidak. Analisa pengaduan juga dibuat sesuai dengan prinsip 5W 1H.
  3. Terakhir, adalah melaporkan pengaduan oleh warga yang bertugas sebagai pengawas program pelayanan sistem JKN-PBI-KIS kepada unit pengaduan pemerintah atau lembaga negara lain. Hal itu dilakukan setelah bukti-bukti pengaduan lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,765 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>