Don't miss

Jamkesda Kebumen, Belum Terintegrasi ke BPJS Kesehatan Tahun 2014

By on November 27, 2013

kue apbd fotoASIK Kebumen – Peserta Jamkesmas tahun 2013 akan secara otomatis menjadi peserta PBI (Penerima bantuan Iuran) BPJS Kesehatan yang di biaya oleh pemerintah. Peserta Jamkesmas mencapai 649.291 jiwa (peserta Jamkesmas murni 555.653 jiwa, dan peserta tambahan 93.638 jiwa) dengan besaran premi/iuran yang di tanggung adalah Rp.19.225,- per orang per bulan. Tahun 2014, Kabupaten Kebumen juga masih memberlakukan  program Jamkesda ( saat ini peserta Jamkesda Kebumen mencapai 40.984 jiwa dengan kuota kepesertaan mencapai 105.918 jiwa ), dimana dana Jamkesda yang dianggarkan untuk pembiayaan perawatan (belum terintegrasi) ke BPJS Kesehatan, untuk premi bulanan-red).  Ini di sampikan Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, dr Rini Kristiani SKM, MKes dalam acara Diskusi Publik pada hari Kamis, 21 November 2014 di Pendopo Balai Desa Trikarso Sruweng.

Beliau juga menyampaikan, akan ada Perbup baru mengenai Program Penyelenggaraan Jamkesda di Kebumen yang akan menggantikan Perbup lama  yaitu Perbup No 17 tahun 2012 . Peserta Jamkesda Kebumen tahun ini ada mencapai 40.984 jiwa dengan kuota kepesertaan mencapai 105.918 jiwa . Untuk pembiayaan, dana sharing antara pemerintah daerah dengan pasien 50 % dengan besaran biaya maksimal yang dapat dikeluarkan oleh PemKab sebesar 2,5 juta, untuk pelayanan rujukan di RSUD Kebumen. Untuk pelayanan tingkat lanjutan, di rumah sakit rujukan, melibatkan dana sharing dari propinsi 40 %, 60 % di bagi dua antara pemerintah daerah dengan pasien. Sharing atau bantuan dari pemda untuk pasien maksimal 5 juta.

Komunitas Informasi Pojok JKN ASIK_KEBUMEN , juga medesak ke Pemerintah Kabupaten Kebumen dan DPRD agar  program Jamkesda terintegrasi dengan BPJS Kesehatan tahun 2014 mendatang. Kalau belum memungkinkan, setidaknya, dana program Jamkesda untuk pembiayaan maksimal, bukan dana sharing lagi. Jika di tahun 2014 belum terwujud, tahun 2015 Jamkesda Kebumen harus sudah terintegrasi ke BPJS Kesehatan seperti 107 kabupaten/kota lainnya. Dimana  107 Kabupaten kota beberapa waktu yang lalu telah menandatangani MoU dengan PT ASKES (BPJS Kesehatan 2014)di hotel Panghegar Bandung dalam acaraRakernas Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesda), dengan disaksikan, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Ibu Dian Anggraeni, dimana program Jamkesda terintegrasi ke dalam BPJS Kesehatan mulai tahun 2014. Sedangkan Kabupaten Kebumen, belum termasuk di dalamnya. Program Jamkesda tidak lagi untuk pembiayaan perawatan, namun untuk pembayaran premi bulanan peserta PBI APBD ke BPJS Kesehatan yang akan ditanggung oleh APBD masing – masing kabupaten/kota, yang preminya sama dengan PBI APBN.

Lebih lanjut, dr Rini menyampaikan soal kartu BPJS. Kartu BPJS khususnya untuk peserta Jamkesmas (PBI) masih tetap menggunakan kartu peserta Jamkesmas, selama belum terbit kartu yang baru. Demikian pula untuk peserta ASKES. Karena soal kartu adalah urusan pusat, kami hanya mendistribusikannya, tegasnya.

Kartu BPJSDalam kesempatan itu, Hariyanto, mewakili komunitas informasi pojok JKN ASIK_KEBUMEN juga menampilkan contoh kartu BPJS Kesehatan yang di peroleh dari provinsi uji coba BPJS kesehatan pada November dan Desember 2013 ini yaitu Popinsi Jawa Barat. Di dalam kartu BPJS Kesehatan tersebut, tertera nama dokter sebagai dokter pelayanan faskes primer. Pemahaman kami, Januari 2014 semua kartu peserta akan sama seluruh Indonesia yaitu kartu BPJS Kesehatan, tegasnya.

dr Rini menambahkan, pembagian dokter pelayanan primer tidak bisa di ubah dalam 3 bulan pertama. Nanti setelah 3 bulan, peserta dapat mengusulkan dokter untuk pelayanan faskes primernya. Umumnya, ini di bagi dengan melihat aspek kedekatan geografis atau tempat terdekat agar memudahkan peserta dalam menerima layanan jaminan kesehatan yang sudah dikelola oleh BPJS Kesehatan.

One comment on “Jamkesda Kebumen, Belum Terintegrasi ke BPJS Kesehatan Tahun 2014

  1. cemas on said:

    Great article, exactly what I was looking for.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,765 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>