Don't miss

JKN Di Sinjai Ditunda

By on December 20, 2013

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kemungkinan belum bisa diterapkan di Sinjai tahun depan. Besarnya anggaran premi yang harus disubsidi oleh pemkab menjadi alasannya.

Pemkab Sinjai sesungguhnya sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp39 miliar untuk menyukseskan JKN. Namun setelah dihitung-hitung, besaran anggaran tersebut ternyata membebani SKPD lainnya. Banyak program SKPD yang harus dipangkas.

Anggota DPRD Sinjai, Zainal Iskandar mengakui sudah mengkonsultasikan masalah tersebut kepada Kementerian Kesehatan. Hasilnya, kemenkes memberikan kelonggaran kepada Sinjai untuk tidak memberlakukan JKN satu atau dua tahun kedepan.

“Sedangkan premi Jamkesda Rp10.000 per orang saja sangat berat. Apalagi Rp25.500 per orang (premi JKN),” kata Zainal yang ikut mendampingi Sekretaris Daerah Sinjai, Taiyeb Mappesere berkonsultasi dengan kemenkes.

Zainal menambahkan, anggaran Rp39 miliar yang tidak jadi dialokasikan untuk JKN itu akan dibahas lebih lanjut saat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD 2014. “Anggaran itu nanti akan dibicarakan pada pembahasan KUA PPAS. Dan selanjutnya itu akan menjadi acuan tim anggaran tahun 2014. Pembahasan KUA PPAS ini diharapkan bisa segera dilaksanakan,” tambah Zainal.

Sekda Sinjai, Taiyeb Mappasere mengungkapkan, salah satu faktor JKN belum diberlakukan di Sinjai dikarenakan infrastruktur kemenkes sendiri, yaitu Badan Pengelola Jaminan Sosial. Menurutnya, BPJS belum sepenuhnya siap.

“Sinjai siap menerapkan JKN, tapi infrastruktur BPJS belum siap sehingga kurang efektif bila diberlakukan,” katanya.

Meski demikian, masyarakat Sinjai tetap bisa menikmati layanan kesehatan gratis. Sebab Jamkesda masih tetap diberlakukan.

“Jadi kami minta agar jamkesda tetap berlaku di Sinjai, dengan catatan premi Rp10.000 ditanggung pemerintah. Ini dilakukan agar masyarakat masih bisa menikmati kesehatan gratis,”ucap Taiyeb.

Sumber:  fajar dot co dot id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,104 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>