Don't miss

Komisi Informasi Pusat: PT KAI Harus Buka Informasi Grand Design ke Pedagang

By on May 20, 2013

putusan_kai-serikat_naik

Jakarta (08/05/22013) — Sidang Komisi Informasi Pusat (KIP) yang dipimpin Ketua Majelis Komisioner Henny S. Widyaningsih bersama anggota Majelis Komisioner Ahmad Alamsyah Saragih dan Abdul Rahman Ma’mun perintahkan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka data informasi rencana revitalisasi KRL Jabodetabek dan Grand Design. Dalam amar putusan atas sengketa informasi bernomor 277/IX/KIP-PS-M-A/2012 di Kantor KIP Jakarta, Senin (06/05/2013), Henny memerintahkan termohon PT KAI buka sebagian informasi kepada pemohon Aliansi Serikat Pedagang Stasiun Layang (Gondangdia, Cikini, Juanda).

Dalam sidang putusan, pemohon hadir bersama puluhan pedagang yang sebelumnya berdagang di Stasiun KA Gondangdia yang sekarang telah dibersihkan dari pedagang. Selain hadir secara berombongan di ruang sidang, pihak pemohon juga didampingi kuasa hukumnya Joshua L. Siahaan, sementara termohon diwakili kuasanya Suyono Sjam bersama rekannya dari manajemen PT KAI.

Usai membacakan putusan, Majelis Komisioner menanyakan apakah para pihak menerima putusan tersebut, pemohon lewat pengacaranya menyatakan menerima sementara termohon menyatakan akan disampaikan kepada pimpinan PT KAI. Namun Majelis Komisioner menetapkan 14 hari bagi termohon untuk menyatakan menolak atau menerima putusan ini, jika dalam rentang waktu itu tidak ada pernyataan maka putusan bekekuatan hukum tetap atau inkracht.

Sebelum menyampaikan amar putusan, Majelis Komisioner berpendapat bahwa informasi yang dimohon Pemohon bukan merupakan informasi yang dikecualikan. Untuk itu, rincian kegiatan revitalisasi yang direncanakan termasuk rencana dan capaian yang disusun TIM pelaksana pengembangan KRL Jabodetabek PT KAI berikut perubahannya adalah informasi terbuka.
Demikian juga dasar hukum Perpres 83 Tahun 2011 dan SK Direksi pembentukan Tim Pelaksana Pengembangan KRL Jabodetabek PT KAI berikut perubahannya, SK Direksi tentang penetapan tarif sewa tanah dan bangunan serta fasilitas lainnya di lingkungan PT KAI adalah informasi terbuka. Grand design pertokoan termasuk syarat-syarat apabila pedagang ingin melanjutkan kontraknya adalah informasi terbuka. *

*Dimuat ulang dari www.komisiinformasi.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,991 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>