Don't miss

Layanan JKN Tidak Dibeda-bedakan

By on November 22, 2013

dr rini trikarsoKEBUMEN-Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada Januari 2014 mendatang tidak akan ada disparitas bagi peserta JKN baik yang peserta PBI dan peserta Non PBI. Di sampaikan kepala dinas Kesehatan Kebumen, dr Hj Rini Kristiani, MKes dalam diskusi dan sosialisasi JKN bertempat di pendopo balai desa Trikarso Kecamatan Sruweng, Kamis (21/11) yang di adakan oleh Komunitas Informasi Pojok JKN dengan Pemerintah Desa Trikarso Sruweng Kebumen.

Menurutnya, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan jaminan perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang di berikan pada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya di bayarkan oleh pemerintah. Dalam operasionalnya, JKN di kelola oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan. Dalam prakteknya nanti, tidak akan membeda-bedakan antara peserta JKN. Yang membedakan hanya kelas layanan yang disesuaikan dengan preminya, terangnya.

Iuran PBI Jaminan Kesehatan Nasional kata dia, di tetapkan sebesar Rp.19.225,-. Iuran bagi peserta pekerja penerima upah sebesar 5 % dari gaji atau upah perbulan. Dari gaji atau upah perbulan, dengan ketentuan bagi PNS, anggota TNI, Polri, pejabat negara dan pegawai pemerintah non PNS, 3% di bayar oleh pemberi kerja dan 2 % di bayar oleh pekerja.

peserta trikarso 3Bagi peserta penerima upah selain PNS, anggota TNI, anggota Polri, pejabat negara dan pegawai pemerintah non pegawai negeri di bayar oleh pemberi kerja dan 1 % di bayar oleh pekerja. Iuran bagi peserta bukan pekerja di bayar oleh peserta yang bersangkutan dengan ketentuan Rp.25.500/oran/bulan dengan layanan di ruang perawatan kelas III. sebesar Rp. 42.500/orang/bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas II. sebesar Rp.59.000/orang/bulan dengan manfaat ruang perawatan kelas I.

Iuran bagi pensiunan kata dia, di tetapkan sebesar 5 % dari besaran pensiunan yang di terima perbulan, dengan ketentuan 3 % di bayar pemerintah dan 2% di bayar penerima pensiun. Iuran bagi veteran atau perintis kemerdekaan, sebesar 5 % dari pensiun PNS Gol III/a dengan masa kerja 14 tahun perorang perbulan di bayar oleh pemerintah. Batas paling tinggi upah perbulan yang di gunakan sebagai dasar perhitungan besaran iuran sebesar 2 kali penghasilan tidak kena pajak (PTKP), status kawin dengan 1 orang anak.

Sumber; Koran Kebumen Ekspres, Jum’at 22/11/2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,104 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>