Don't miss

Media Link Terbitkan Buku Panduan Melakukan Jurnalisme Data Tentang JKN

By on November 20, 2015
Buku Panduan Melakukan Jurnalisme Data JKN

Buku Panduan Melakukan Jurnalisme Data JKN

Akhir tahun ini Media Link sebagai organisasi nonpemerintah  yang menaruh perhatian pada isu-isu kebebasan informasi dan demokratisasi media menerbitkan sebuah buku Panduan Melakukan Jurnalisme Data Tentang JKN.

Pentingnya manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikeluarkan oleh pemerintah sejak awal 2014, yang menjanjikan layanan kesehatan universal bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk bagi warga yang tidak mampu membayar iuran.

Namun, sangat disayangkan, masih banyak warga yang belum mengerti konsep dan skala program JKN, BPJS Kesehatan sebagai pelaksananya, dan kelebihan-kekurangan JKN. Bahkan, banyak warga menengah ke bawah yang belum tahu cara memanfaatkan JKN, padahal mereka adalah kelompok warga yang akan paling menerima manfaat dari keberadaan JKN.

Hal ini disebabkan belum mengingkatnya pemahaman warga untuk memanfaatkan pelayanan JKN. Disamping itu, pemberitaan dimedia tentang manfaat JKN masih belum tersebar luas kepada publik. Untuk itu, Media Link sebagai lembaga yang peduli pada keterbukaan informasi publik menerbitkan sebuah buku Panduan Melakukan Jurnalisme Data Tentang JKN.

“Jurnalisme Data adalah sebuah kegiatan yang bekerja dengan data yang luas dan beragam, jurnalisme data bisa membantu meningkatkan pemahaman tersebut,” ungkap Mujtaba Hamdi, Direktur MediaLink.

Penerbitan buku ini, memuat beragam aspek tentang JKN dan panduan singkat melakukan jurnalisme data untuk JKN. Visualisasi data ini bisa dilakukan mulai dari infografik sederhana yang statis di media cetak hingga bagan kompleks yang interaktif di media daring.

“Semoga dengan kehadiran buku singkat ini, warga bisa membaca beragam data terkait JKN secara kritis dan melakukan visualisasi data melalui infografik secara baik, sehingga semakin banyak warga yang memahami program asuransi kesehatan nasional ini,” harap Mujtaba Hamdi.

Buku ini memuat tentang pengertian JKN, Dasar Hukum dan Sejarah, Siapa saja saja peserta JKN atau BPJS, Kesehatan?, Berapa iuran yang dibayarkan?, Apa saja manfaat bagi peserta? dan Bagaimana bila daftar keluarga peserta. Diman, buku singkat ini bertujuan memberikan panduan bagi siapa pun untuk melakukan jurnalisme data tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Buku singkat ini akan memperkenalkan Anda pada apa sesungguhnya Jurnalisme data dan mengapa jurnalisme data begitu penting. Selain itu, Anda juga dapat memahami dan mengkritisi data hingga membuat infografik yang memuat berbagai angka penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,765 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>