Don't miss

Media Link Ajak Masyarakat Wonosobo ‘melek’ Informasi

By on October 20, 2015

Salah satu penyebab tersendatnya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS),  adalah data kepesertaan PBI yang tidak sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kesalahan tersebut adalah, (1) Inclusion error : bukan fakir miskin atau orang tidak mampu tetapi menerima bantuan iuran jaminan kesehatan. (2) exclusion error : fakir miskin atau orang tidak mampu tetapi tidak menerima bantuan iuran jaminan kesehatan.

Permasalahan utama utama dari tersendatnya pelaksanaan program JKN/PBI ini sebab tersumbatnya informasi publik baik antar sesama lembaga publik penyelenggara, maupun dari lembaga publik kepada masyarakat. Ketiadaan akses akan data tersebut, membuat masyarakat tidak dapat secara partisipatif melakukan verifikasi.

Akses masyarakat atas informasi sangat penting, hal itu untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam memperoleh hak-haknya. Melalui informasi yang tepat masyarakat memiliki daya untuk mengevaluasi pelaksanaan program serta memperjuangkan hak-haknya atas jaminan kesehatan.

Oleh karena itu, Media link akan menggelar Loka Latih Data Kepesertaan PBI dan Pemantauan Layanan JKN di Wonosobo pada 26-28 Oktober 2015. Loka latih ini mengajak masyarakat untuk ‘melek’ informasi agar terbangunnya partisipasi yang lebih konkrit. Dimana masyarakat mampu untuk melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap sistem pelayanan dalam mekanisme JKN.

Loka latih ini bertujuan agar (1) Masyarakat mampu memahami informasi terkait pelaksanaan JKN. (2) Masyarakat mampu melakukan verifikasi data kepesertaan PBI dengan membandingkan data eksisting kepesertaan PBI dengan data Kesejahteraan Desa. (3) masyarakat mampu untuk melaksanakan pemantauan dan pengawasan terhadap sistem pelayanan dalam Mekanisme JKN. (4) Terbangun komunikasi antar dinas terkait dan masyarakat

Harapannya, Loka Latih ini membantu masyarakat memahami mekanisme Pelaksanaan JKN khususnya pada aspek kepesertaan, terverifikasinya data kepesertaan PBI dari hasil komparasi antara data eksisting dengan data Kesejahteraan desa, adanya dokumen data sebagai rujukan usulan perubahan data untuk dimasukkan dalam RPJMDes dan rencana tindak lanjut untuk melaksanakan pemantauan dan pengawasan terhadap sistem pelayanan dalam mekanisme JKN.

Baca juga: Pemerintah Akan Libatkan Warga Dalam Pengawasan JKN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,781 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>