Don't miss

Media Link Aktifkan Forum Warga untuk Pengawasan Pelayanan JKN

By on October 21, 2015

Peningkatan kualitas mutu pelayanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kepada peserta PBI dapat diawasi bersama oleh warga.

Setiap pemegang kartu KIS berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, baik kesehatan tingkat pertama, pelayanan tingkat rujukan, persalinan dan ambulan. Namun, pada prakteknya seringkali pelayanan yang didapat oleh peserta terdaftar PBI tidak sesuai dengan standar pelayanan (SP).

Untuk membantu meningkatkan kualitas mutu pelayanan program JKN, Media link bersama IBC menggelar Loka Latih Literasi Informasi dan Data JKN pada beberapa warga yang terlibat dalam forum rembug warga di Jakarta pada 11-13 Juni 2015 silam.

Dalam Loka Latih tersebut, Media link mengajak warga untuk berpartisipasi mengawasi pelayanan JKN di lingkungannya. Masih ditemukan peserta PBI yang ditolak untuk berobat dengan beragam alasan.

“Pernah ada kasus tetangga saya pengguna PBI berobat ke rumah sakit, namun diabaikan akhirnya ia pulang,” tutur Ati salah seorang peserta dari RPJB dengan nada kecewa.

Walau demikian, pelayanan kesehatan bagi peserta PBI tidak selalu buruk. Pengalaman Ruswanti misalnya, yang mendapatkan pelayanan baik dari RS Polri.

“Alhamdulilah ketika suami saya sakit dibawa ke RS Polri, layanannya cukup baik,” ungkap Ruswati lega.

Alangkah baik, jika warga mengetahui hak-haknya sebagai peserta BPJS. Darwanto, selaku fasilitator dalam Loka Latih ini memaparkan beberapa hal yang harus diketahui sebagai peserta BPJS.

“Antara FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) dan Faskes baik di Puskesmas, Klinik dan Dokter sebagai pengguna BPJS layanannya sama saja. Misalnya soal obat-obatan yang diberikan itu harusnya sama,” jelas Darwanto.

Kini, banyak klinik-klinik menjamur dan dokter-dokter yang bekerja sama dengan BPJS. Terkait hak untuk kapitasi. Ada dana operasional yang diterima klinik atau puskesmas dan dokter meskipun tidak ada pasiennya.

Baca juga: Medialink Dorong Partisipasi Warga untuk Mengakses Keterbukaan Informasi Publik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,781 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>