Don't miss

Open Data Forum: Strategi Baru Penyampaian Informasi Publik

By on January 23, 2014

Open Data Forum_Strategi Baru Penyampaian Informasi Publik

JAKARTA—Open Data Forum (ODF) merupakan salah satu wadah yang berfungsi untuk mengetahui keterbukaan informasi dari badan penyedia layanan publik. Open Data Forum menitikberatkan pada akses informasi yang ada dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada secara maksimal.

Tidak meratanya penggunaan teknologi informasi di Indonesia membuat akses informasi terhadap kebijakan yang ada menjadi terhambat. Apalagi pemerintah daerah hanya mempublikasikan data yang ada melalui website semata, padahal masyarakat tidak terbiasa untuk mencari informasi dengan cara seperti itu. Untuk itu diperlukan strategi-strategi baru yang harus dilakukan oleh pemerintah, seperti yang diungkapkan oleh Mujtaba Hamdi selaku perwakilan dari MediaLink pada saat diskusi mengenai Open Data Sektor Kesehatan dengan beberapa orang perwakilan dari ICJR (Institute for Criminal Justice Reform), IBC (Indonesia Budget Center), TIFA Foundation, serta Tempo di Hotel Akmani, Gondangdia, Jakarta (09/01/14).

“Hal yang menjadi penting bahwa Open Data di Indonesia saat ini terdapat kecenderungan hanya terpaku pada masalah website. Sementara ruang keterlibatan aktif seolah tidak diberikan porsi sama sekali. Maka tidak aneh jika pada satu desa, akhirnya warga tidak mengetahui informasi tentang desanya karena pemerintah desa hanya menyampaikan informasi lewat website. Maka forum ini nantinya diharapkan bisa memberikan intervensi kepada pemerintah agar tidak hanya terjebak pada masalah website semata, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih kepada warga masyarakat untuk bisa lebih berperan aktif,” ujar Mujtaba dalam diskusi tersebut.

Pemerintah perlu mencari jalan keluar dan pola-pola yang berbeda dari sebelumnya. Pemerinta selaku badan publik yang sebelumnya memberikan informasi lewat website semata. Penguatan di level masyarakat untuk memperoleh informasi seharusnya bisa dilakukan secara maksimal dengan menggunakan strategi-strategi baru, mengingat belum meratanya internet serta penggunaan teknologi yang ada di masyarakat Indonesia. Strategi yang bisa dilakukan misalnya dengan menggunakan beberapa media seperti menampilkan informasi melalui papan informasi, mobil keliling atau melalui khazanah lokal. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,104 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>