Don't miss

Pendataan Berbasis Masyarakat Mandiri

By on November 27, 2013

ASIK KEBUMEN – Pemdes Trikarso Akan Lakukan Validasi Bersama RT dan RW

lurah trikarsoDiskusi publik tentang Jaminan Kesehatan Nasional pada hari Kamis, 21 November 2013 di Trikarso, di tindaklanjuti secara serius oleh Kepala Desa Trikarso, Sutrisno beserta jajaran pemerintah desa sampai ke tingkat RT. Validasi peserta Jamkesmas dan kuota peserta program Jamkesda harus di update sebelum 1 Januari 2014, tegasnya. Menurutnya, validasi data kepesertaan sangat perlu di lakukan, mengingat banyak warga peserta Jamkesmas desa Trikarso yang sudah meninggal, dan peserta yang sudah menetap di daerah perantauan. Terlebih, peserta Jamkesmas akan secara otomatis menjadi peserta PBI BPJS Kesehatan pada Januari tahun 2014.

Langkah Pemdes Trikarso mendapat dukungan penuh dari Komunitas Informasi Pojok JKN ASIK_KEBUMEN. Hariyanto, mewakili Komunitas Informasi Pojok JKN ASIK_KEBUMEN menyampaikan, peserta Jamkesmas di Kecamatan Sruweng mencapai 29.183 jiwa dengan rincian laki-laki sebanyak 14.830 jiwa dan perempuan sebanyak 14.353 jiwa. Sedangkan untuk desa Trikarso sebanyak 1.786 jiwa dengan rincian 899 laki-laki dan 887 perempuan.

Validasi juga akan di lakukan bagi peserta Jamkesda desa Trikarso, walaupun program Jamkesda Kebumen belum secara otomatis menjadi peserta PBI dalam BPJS Kesehatan tahun 2014, seperti yang di sampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dr Rini Kristiani SKM, MKes dalam acara tersebut. Namun jika sewaktu-waktu program Jamkesda terintegrasi dengan BPJS Kesehatan, peserta Jamkesda sudah di validasi sesuai dengan kondisi terkini.

gambar jamkesmas orangValidasi kepesertaan bertujuan untuk mengidentifikasi peserta yang sudah meninggal, dan warga yang sudah tidak menjadi warga Trikarso tetapi masih tercantum dalam kepesertaan Jamkesmas di desa Trikarso. Peluang ini, akan di ganti untuk warga miskin lainnya di Trikarso yang belum tercover dalam pendataan Jaminan Kesehatan apapun. Termasuk untuk antisipasi, bila mana betul-betul ada pembatasan jumlah peserta untuk KK miskin PBI BPJS Kesehatan yang hanya 5 jiwa per KK. Pemerintah desa juga akan melakukan pemetaan dan validasi data agar prinsip keadilan di tingkat desa juga bisa terwujud. Validasi data akan melibatkan unsur RT dan RW, dimana data validasi di tingkat RT akan dikompilasi ditingkat RW sebelum diserahkan ke tingkat desa. Ditingkat desa, hasil vailidasi akan diverifikasi yang hasilnya akan dipublikasikan selama 7 hari, untuk mendapatkan masukan dari warga masyarakat desa Trikarso.

logo jamkesdaHasil validasi data akan di sampaikan dan di usulkan ke dinas kesehatan dan dinas lainnya yang terkait. Kepala desa Trikarso juga akan terus berkomunikasi serta berkoordiansi dengan Komunitas Informasi Pojok JKN ASIK_KEBUMEN, dalam upaya melakukan validasi data, bila mana di perlukan komunitas akan di undang kembali di Trikarso untuk menfasilitasi khusus soal validasi data, untuk peserta Jamkesmas, Jamkesda, dan peluang peserta non kuota (Jamkesda Propinsi), atau warga desa yang betul-betul tidak mampu tapi belum tercover dalam Jamkesmas dan Jamkesda yang sangat penting untuk di perhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,192 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>