Don't miss

Penerima PBI di Wonosobo Mencapai 400 Ribu

By on November 8, 2015

Kacaunya pendataan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) khususnya bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Wonosobo menyebabkan kepesertaan menjadi tidak tepat sasaran.

Hingga kini, identifikasi data PBI masih terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan beragam upaya. Salah satunya dengan melibatkan masyarakat dalam pendataan maupun dalam pengawasan berjalannya program JKN.

Transparansi pengawasan program JKN yang melibatkan publik ini didukung oleh UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Menurut Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonosobo Okie, beberapa dari warga Wonosobo yang seharusnya terdaftar sebagai peserta PBI malah tidak terdaftar.

“Sebelumnya, masyarakat miskin di Wonosobo mendapatkan Jamkesmas. Mereka yang kemudian penerima PBI, namun yang sebelumnya terdaftar di Jamkesda tidak terdaftar sebagai PBI,” tutur Okie.

“Di Wonosobo masih ada sekitar 55Rb yang belum terdaftar dalam PBI,” lanjutnya.

Berdasarkan ketentuan yang berlaku, perubahan data PBI akan di update setiap 6 (enam) bulan sekali.

“Kita sudah bekerjasama dengan TKSK untuk memperbaharui data penerima Jamkesmas. Orang yang layak untuk mendapatkan layanan kesehatan dari pemerintah agar tercover dalam BPJS Kesehatan,” tegas Okie.

Sebagai program baru BPJS masih menemui banyak kendala, terutama untuk sosialisasi PBI. Minimnya sosialisasi kepada warga dan sumber pendataan yang belum terupdate sesuai ketentuan.

“Wonosobo sudah memiliki system kesehatan daerah sebagai upaya untuk melayani kesehatan warganya,” tukas Okie.

Menurut Okie, UU Sistem Kesehatan Nasional yang sudah ada tidak dapat menjadi alat untuk pihaknya bekerja karena BPJS ini adalah kewenangan Pemerintah daerah.

“Harapannya, Pemda Wonosobo dapat berkomitmen untuk mengawal sistem kesehatan daerah ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,781 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>