Don't miss

Perbedaan JKN dan Asuransi Komersial

By on October 30, 2015

Loka latih JKN di Wonosobo

Apakah perbedaan dari asuransi sosial yang dikelola oleh pemerintah dalam program JKN dan asuransi komersial yang kelola oleh swasta? Prasetya Anangbaja, Kepala Kantor Operasional BPJS, Wonosobo memaparkannya dalam loka latih yang diselenggarakan oleh Media Link di Desa Keseneng, Wonosobo yang diikuti oleh warga sebagai peserta aktif.

Menurut Anang, panggilan akrabnya. Ada 7 perbedaan antara JKN dan Asuransi Komersial. Diantaranya:

1. Kepesertaan

Asuransi social bersifat wajib dan akan diberikan sanksi pada yang tidak mengikuti, sedangkan asuransi komersial bersifat sukarela.

2. Pengelolaan

Asuransi sosial dikelola oleh pemerintah sedangkan asurasni komersial dikelola oleh swasta.

3. Besaran Manfaat

Dalam Asuransi sosial, manfaatnya ditentukan oleh UU: dengan cakupan menyeluruh (komprehensif) sedangkan asuransi komersisal besaran manfaat bergantung pada premi yang disanggupi.

4. Pembiayaan

Dalam asuransi sosial disesuaikan bagi pekerja, dan non pekerja. Warga dalam kategori miskin mendapatkan subsidi penuh dari pemerintah. Sedangkan dalam asuransi komersial nominal sesuai benefit.

5. Tujuan

Asuransi sosial bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat, sedangkan asuransi komersial memberikan pelayanan kesehatan yang diinginkan.

6. Manfaat bagi peserta

Peserta yang terdaftar dalam asuransi sosial akan mendapatkan pelayanan medis dimanapun, kapanpun. Sedangkan asuransi komersial pelayanan kesehatan diberikan sesuai dengan premi pilihan.

7. Subsidi Silang

Asurasi sosial memberikan subsidi silang kepada seluruh peserta terdaftar. Sedangkan asuransi komersial tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,781 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>