Don't miss

Peserta Mandiri BPJS Kebumen Tembus 3 Ribu Orang

By on April 3, 2014

BPJS2KEBUMEN – Sejak diberlakukannya sistim Jaminan Kesehatan Nasional 1 Januari 2014, penduduk Kebumen yang telah ikut menjadi peserta mandiri Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah mencapai 3000 orang. Hal tersebut di katakan kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, dr Rini Kristiani, MKes saat ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini. Sementara peserta dari Jamkesmas yang berintegrasi menjadi BPJS PBI sebanyak 649.291 orang, kata Rini.

Menurut Rini, untuk peserta ASKES sebanyak 70.000 orang, sedangkan peserta Jamsostek sebanyak 8700 orang. Lebih lanjut, Rini mengaku telah melakukan berbagai upaya agar pelayanan kesehatan bisa maksimal di masing-masing Rumah  Sakit dan Puskesmas. salah satunya dengan membuat kesepakatan bersama antara Dinas Kesehatan, BPJS dan Bendahara BPJS. Pertemuan di lakukan di gedung PKK Kebumen, belum lama ini.

Hasil dari kesepakatan itu di antaranya, menyepakati klaim persalinan atau ibu melahirkan, di satukan secara kolektif melalui Dinas Kesehatan. laporan klaim yang sudah masuk ke kantor BPJS akan di bayar paling lama 15 hari setelah persyaratan lengkap masuk ke kantor BPJS. Semua peserta BPJS dapat di klaim tanpa memandang alamat wilayah asal kartu BPJS. Pengklaiman di bagi menjadi dua kelompok, Faskes dan Non Faskes, ujarnya.

Ia mengimbuhkan, untuk layanan ANC, PNS, dan KB pasca salin bagi bidan Faskes di klaim dalam kapasitas Puskesmas atau hanya persalinan saja yang dapat diklaim. Sementara untuk layanan ANC, PNC dan KB pasca salin bagi bidan BPM atau non faskes di klaim bersamaan dengan persalinan. (har)

sumber: Kebumen Ekspress, Kamis, 3 April 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,195 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>