Don't miss

PINTER Menggugat Minimnya Sosialisasi JKN di Lumajang

By on January 16, 2014

Komunitas PINTERJAKARTA—Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan salah satu program Pemerintah yang bergelut di bidang Kesehatan. Program ini akan berlangsung pada Januari 2014, namun dalam persiapannya sosialisasi mengenai informasi JKN masih sangat minim. Hal ini tentu berdampak akan kinerja JKN selanjutnya yang menyangkut hajat hidup masyarakat Indonesia. Jika dalam pelaksanannya program JKN tidak maksimal, maka ditakutkan akan merugikan masyarakat Indonesia seperti program-program serupa seperti misalnya Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang dirasa masih mempunyai banyak kegagalan.

Komunitas PINTER (Pusat Informasi Tegal Randu) sebagai salah satu komunitas yang peduli akan Keterbukaan Informasi Publik di Lumajang, pada penerbitan buletin yang kedua mengangkat isu mengenai minimnya sosialisasi JKN di Lumajang. Hasil pemantauan dan wawancara yang dilakukan oleh komunitas PINTER diketahui bahwa banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang program JKN di tahun 2014, bahkan untuk setingkat Kepala Desa dan Camat. Informasi mengenai JKN hanya diperoleh warga Lumajang dari televisi tanpa ada sosialisasi lebih lanjut. Buletin edisi kedua ini ditargetkan akan terbit pada (20/11/13)

Proses pembuatan buletin ini mendapatkan masukan dari beberapa pihak. Salah satunya yaitu dari Zainullah, salah satu anggota PINTER, dia mengkritik tentang minimnya data yang digali oleh komunitas PINTER dalam penerbitan Buletin edisi perdana. “Data dalam tulisan kita harus diperkaya lagi, agar buletin kita ini bisa lebih berbunyi,” tegas Zen.

Beberapa narasumber penunjang informasi buletin kedua didata pada Diskusi Informasi Publik yang ke-5 dan dilaksanakan di Sekretariat Pinter yang berada di dalam komplek Balai Desa Tegalrandu (15/11/13). Narasumber tersebut antara lain Pak Gatot (Direktur PT. Askes Kabupaten Lumajang), Pak Nugroho (tenaga kesehatan di Puskesmas Pembantu Desa Tegalrandu) serta masyarakat Lumajang. Penggalian informasi dari masyarakat ini untuk mengukur sejauhmana informasi tentang JKN ini sampai kepada masyarakat di daerah dan bagaimana respons mereka terhadap rencana program JKN. Terbitnya buletin komunitas PINTER yang kedua ini diharapkan dapat mendorong gencarnya sosialisasi JKN di Lumajang sehingga JKN 2014 bisa terealisasi sesuai dengan tujuan awalnya. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,818 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>