Don't miss

PINTER Mulai Merambah Dunia Buletin

By on November 14, 2013

Diskusi Informasi Publik 3 (26Sep13)

JAKARTA—Program “Akses Informasi Berbasis Komunitas” (ASIK) yang diperkenalkan oleh MediaLink, bertujuan untuk memudahkan akses dalam memperoleh informasi. Namun setelah informasi itu didapatkan, apa yang kemudian harus dilakukan? Untuk menjawab hal itu, maka pada pertemuan “Diskusi Informasi Publik Ke-3” (12/10/13) di Balai Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Lumajang, Komunitas PINTER (Pusat Informasi Tegal Randu)  mengambil tema “Cara Membuat Buletin”. Diskusi tersebut bertujuan agar informasi yang diperoleh dapat didokumentasikan untuk selanjutnya disebarluaskan. Target dari Diskusi Informasi Publik Ke-3 adalah bagaimana PINTER bisa membuat buletin komunitas yang di dalamnya berisi informasi apapun yang dianggap menarik, bermanfaat, dan sangat dibutuhkan oleh komunitas serta warga Tegalrandu secara keseluruhan.Di dalam pelatihan membuat buletin, Ridwan selaku Community Organizer (CO) memandu peserta. Langkah-langkah metode sederhana pun dirumuskan untuk mengajarkan cara kerja pembuatan buletin agar lebih mudah ditangkap oleh para pemula, antara lain: 

1. Memperkenalkan struktur penulisan buletin.

Dengan menggunakan contoh buletin yang diterbitkan oleh MediaLink edisi Agustus 2013, CO Ridwan mengawali kegiatan pelatihan pembuatanbuletin. Peserta diarahkan agar mengenal lebih dalam tentang buletin, mulai dari susunan redaksi, rubrikasi, konten, lay out,dan segala hal terkait dengan buletin.

2. Pengarahan kepada cara kerja redaksi.

Hal ini melingkupi teknis peliputan dan teknis penulisan.

3. Menekankan pada teknis penulisan.

Mulai dari penekanan alur kerja jurnalistik, struktur organisasi keredaksian serta tugas-tugas redaksi, seperti pemimpin redaksi harus bertanggung jawab terhadap isi pemberitaan dan kerja jurnalistiknya; wartawan harus menulis berita dengan berpegang pada kode etik; serta, editor harus memastikan berita yang akan dimuat menggunakan ejaan yang benar.

4. Penentuan pemimpin redaksi.

Menentukan dengan musyawarah mufakat, siapa dari teman-teman Komunitas PINTER yang menjadi pemimpin redaksinya. Setelah pemimpin redaksi disepakati, jajaran redaksi yang lain juga dipenuhi. Seperti wartawan, layouter, sirkulasi, dan editor.

Setelah semua langkah dilakukan, peserta menyepakati bahwa buletin tersebut akan segera terbit, sehingga peserta merumuskan tema yang akan diangkat pada buletin pertama tersebut. Buletin pertama direncanakan terbit pada awal bulan November dan selanjutnya akan terbit setiap satu bulan sekali. Adanya buletin pada Komunitas Informasi Lumajang, PINTER diharapkan bisa menjadi wadah informasi yang berguna bagi pemenuhan kebutuhan hidup warga Tegalrandu dan sekitarnya, terutama dalam menghadapi perihal penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Januari 2014. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,104 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>