Don't miss

Premi BPJS Kesehatan Bagi PBI dan Non PBI

By on October 28, 2013

RupiahASIK Kebumen-Dalam rapat koordinasi tingkat Menteri yang diadakan di Kemenakertrans pada tanggal 1 Juli 2013 telah diputuskan:
Iuran bagi PBI Jaminan Kesehatan Nasional sebesar Rp. 15.500,-/jiwa/bulan (Akan diusulkan menjadi Rp 19.225, dan sudah disepakati dalam rapat Pokja BPJS Kesehatan).

Iuran bagi Peserta Pekerja Penerima Upah sebesar 5% (lima persen) dari Gaji atau Upah per bulan, dengan ketentuan:
Bagi Pegawai Negeri Sipil, anggota TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pegawai pemerintah non pegawai negeri, 3% dibayar oleh pemberi kerja dan 2% dibayar oleh pekerja.

Bagi Peserta Pekerja Penerima Upah selain PNS, anggota TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pegawai pemerintah non pegawai negeri, 4% dibayar oleh pemberi kerja dan 1% dibayar oleh pekerja.

Iuran bagi peserta pekerja bukan penerima upah dan peserta bukan pekerja dibayar oleh peserta yang bersangkutan, dengan ketentuan:

a) sebesar Rp.25.500,-/orang/bulan dengan pelayanan di rmanfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III.
b) sebesar Rp.42.500,-/orang/bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II.
c) sebesar Rp.59.500,- /orang/bulan dengan manfaat uang perawatan Kelas I.

Iuran bagi pensiunan ditetapkan sebesar 5% dari besaran pensiun yang diterima per bulan, dengan ketentuan:
- 3% dibayar oleh Pemerintah; dan
- 2% dibayar oleh penerima pensiun.

Iuran bagi Veteran dan/atau Perintis Kemerdekaan, ditetapkan sebesar 5% dari pensiun PNS Gol III/a dengan masa kerja 14 (empat belas) tahun per orang per bulan, dibayar oleh Pemerintah. Batas paling tinggi upah per bulan yang digunakan sebagai dasar perhitungan besaran iuran sebesar 2 (dua) kali Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dengan status kawin dengan 1 (satu) orang anak.

One comment on “Premi BPJS Kesehatan Bagi PBI dan Non PBI

  1. Yang samapi saat ini Pemerintah belum mengesahkan Perpres tentang besaran iuran atau premi BPJS Kesehatan. Hal ini menandakan bahwa sebenarnya Pemerintah belum ada kesiapan secara menyeluruh terhadap pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional tahun 2014. Masih banyak hal yang harus dibenahi Pemerintah disisi tehnis persiapan, belum lagi mengenai kesiapan PT ASKES yang akan menjadi BPJS Kesehatan, juga terkesan masih angin anginan, terlihat tidak cukup serius utk bertransformasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,051 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>