Don't miss

Puskesmas Kebumen III, Komitmen dengan Komunitas Informasi Pojok JKN

By on December 14, 2013

puskesmas jkn 2ASIK KEBUMEN – Puskesmas Kebumen III berinisiatif untuk mengumpulkan kepala desa dan tokoh masyarakat 6 desa di wilayahnya untuk bersosialisasi dan berdiskusi tentang Jaminan Kesehatan Nasional. Dilaksanakan pada Senin pagi, 9 Desember 2013 bertempat di aula Puskesmas. Hal ini dilakukan karena masyarakat sekitar Puskesmas harus tahu informasi JKN. Juga dalam rangka melaksanakan komitmen dengan Komunitas Informasi Pojok JKN Kebumen dulu pada tanggal 30 September 2013, tegas Kepala Puskesmas Kebumen III,  Bapak H. Tri Tungal Eko Sapto, SKM MPH dalam sambutannya.

Dia melanjutkan, Belum ada Puskesmas di Kebumen yang mengambil inisiatif untuk menyatakan siap menyambut era BPJS Kesehatan 1 Januari 2014 sebagai pelayanan primer dalam JKN, salah satu bentuknya adalah melakukan sosialisasi tanpa menunggu interuksi, dan turun ke desa. Puskesmas Kebumen III akan keliling bersosialisasi ke tingkat desa bersama Komunitas Informasi Pojok JKN untuk berdiskusi dan mendengar langsung aspirasi dari warga tentang Jaminan Kesehatan. Ini kami lakukan, karena kami komitmen dengan Komunitas tersebut, untuk turun ke bawah. Atas dorongan dari komunitas inilah, maka komunitas harus mau turun ke bawah bersama kami. Kami siap, siap terbuka, siap bekerjasama, dan siap menampung usulan dari warga, tegasnya.

Acara ini menghadirkan 6 kepala desa di wilayah Puskesmas Kebumen III, ketua LKMD, Ketua BPD, bidan, dan tokoh masyarakat. Hadir sebagai nara sumber Bapak Suwarto dari kepala operasional PT ASKES Kebumen.
Hal senada juga di sampaikan Bapak Suwarto, bilamana Bapak Ibu menginginkan berbagai regulasi peraturan tentang JKN agar lebih memahami dan dapat di sebarluaskan, bisa langsung datang ke kami, atau bisa juga ke Komunitas Informasi Pojok JKN sebagai mitra kami, tegasnya.

Lebih lanjut Suwarto menyampaikan, peserta mandiri, diluar peserta Jamkesmas (PBI) yang sudah di tanggung oleh pemerintah, bisa langsung mendaftar ke kantor kami dengan foto KK, KTP, mengisi formulir. Kemudian membayar premi untuk bulan yang pertama ketika mendaftar, di bank yang bekerjasama dengan PT ASKES atau BPJS Kesehatan. Saat ini baru 3 bank, yaitu BRI, BNI dan Mandiri. Setelah membayar, kami akan mengeluarkan kartu peserta BPJS Kesehatan. cara membayar premi bulanan selanjutnya, bisa perbulan, bisa 3 sekali, bisa 6 bulan, bisa 1 tahun sekali. Tapi harus di bayar di muka. Sebaiknya juga tidak menunggak setiap bulannya, nanti ada denda tunggakan. Kalau sampai menunggak 3 bulan, sedangkan bulan ke 4 nya sakit, maka pasien tidak dapat mendapat layanan dari BPJS Kesehatan. seperti telepon, ketika belum membayar, telepon mati tidak bisa di gunakan sampai yang bersangkutan melunasi tunggakannya, tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,192 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>