Don't miss

Roadshow Komunitas Informasi Pojok JKN

By on October 8, 2013

CIMG0365KEBUMEN–Dalam rangka memperingati hari hak untuk tahu sedunia (Right To Know Day) yang ke -11 (sebelas), Komunitas informasi Pojok JKN melakukan roadshow, audiensi dengan badan publik kesehatan Kebumen. Roadshow dilaksanakan pada Senin 30 September 2013 diikuti oleh 9 peserta. 5 peserta wakil komunitas, 3 dari K3D Kebumen dan 1 dari Medialink Jakarta.

Roadshow dilakukan di 5 tempat yaitu mulai dari Puskesmas III Kebumen, Kantor Kepala Desa Kutosari, Dinas Kesehatan Kebumen, PT ASKES Kebumen dan RSUD Kebumen. Sedangkan ke DPRD di tunda lain waktu karena waktu yang tidak memungkinkan.

Dalam audiensi tersebut, komunitas menyampaikan surat permohonan informasi ke 3 institusi kesehatan yaitu Dinkes Kebumen, PT ASKES dan RSUD Kebumen. Isi surat permintaan informasi terkait dengan kesiapan institusi kesehatan Kebumen dalam menghadapai pelaksanaan JKN 2014. Surat permintaan informasi di ajukan oleh komunitas juga dalam rangka praktek langsung prosedur formal proses permintaan informasi sesuai yang di atur dalam UU KIP. Sebelum roadshow, komunitas mengadakan pelatihan akses media dan produksi informasi pada Jumat-Sabtu, 27-28 September 2013 bertempat di sekretariat K3D Kebumen.

Penyampaian surat permintaan informasi ke dinas Kesehatan langsung kepada Kepala Dinas Kesehatan dr Rini K, MKes. Walaupun di Dinas Kesehatan sudah ada bagian Litbanginformasi, namun komunitas langsung ketemu dengan ibu kepala di ruang kerjanya agar lebih jelas. surat langsung di baca dan di tanggapi tak berapa lama kemudian. Kepala dinas di bantu Bag. Pendataan Sosial, Bapak Afudin langsung menyiapkan dokumen sesuai permintaan komunitas, di antaranya adalah kesiapan dinas kesehatan dalam menghadapi sistem layanan kesehatan di 2014 mendatang dan sistem kerja BPJS di Kebumen. di berikan dua dokumen yaitu, Profile Kesehatan Kabupaten Kebumen tahun 2012 dan dokumen kesiapan institusi kesehatan dan kesiapan pemda Kebumen. dokumen di bagian depannya di tanda tangani dan di stempel kepala dinas.

Road show di lanjutkan ke RSUD kebumen, di temui langsung oleh bagian Jamkesmas. surat permintaan juga langsung di tanggapi dan di berikan satu bendel profil RSUD dalam menghadapi pelayanan kesehatan di 2014. jawaban lebih banyak di sampaikan secara lisan oleh Bag, Jamkesmas bapak Tri. di antara bentuk kesiapan 2014 adalah penambahan ruang rawat kelas 3 menjadi 400 dari semula di tahun 2013 ini sebanyak 250.

Selang satu hari, setelah surat sampai ke kepala PT ASKES Kebumen Bapak Suwarto, dokumen sebagai jawaban surat permintaan informasi dari komunitas di kirim lewat kurir ke sekretariat komunitas. dokumen tersbut berisi tentang kesiapan PT ASKES Kebumen sebagai BPJS Kesehatan di 2014 mendatang. di halaman sampul tertera tanda tangan dan stempel kepala sebagai bentuk jawaban dari surat permintaan informasi Komunitas Informasi Pojok JKN Kebumen. *

One comment on “Roadshow Komunitas Informasi Pojok JKN

  1. Semoga roadshow yang baru saja diselenggarakan oleh Komunitas informasi Pojok JKN dapat semakin membuat solid tim kesehatan di wilayah Kebumen dan sekitarnya terutama ketika melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,108 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>