Don't miss

Rustam, Warga Miskin Yang Luput dari Pendataan Jamkesmas

By on December 20, 2013
Rustam (kanan/berpeci)

Rustam (kanan/berpeci)

ASIK KEBUMEN – Rustam (55), warga miskin asal desa Kutosari RT02/RW04 Kecamatan Kebumen, luput dari pendataan Jamkesmas. Padahal ayah empat anak ini, sehari-hari hanya bekerja mengayuh becak. Menurut masyarakat setempat, memandang dia katagori orang miskin. Tapi anehnya, dia tidak mempunyai kartu Jamkesmas.

Saat dia dan anggota keluarganya sakit, dia berobat ke Puskesmas III yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggalnya dan membayar penuh karena dia tidak mempunyai kartu Jamkesmas. Lebih mengenaskan lagi, rumah tua yang ia tempati pernah ambrol 9 April 2013 yang lalu.

 

Karena tidak mempunyai biaya untuk membangun rumahnya, warga memutuskan untuk memperbaiki rumah Rustam dengan swadaya dan sumbangan donatur simpatisan yang peduli terhadap nasibnya.”Tidak dapat Jemkesmas juga tidak apa-apa, yang penting keluarga saya sehat,”ungkap Rustam, Kamis (12/12).

 

Dia mengatakan, masa-masa tersulit dan menyedihkan bagi dia adalah ketika rumahnya roboh bulan April yang lalu. “Karena tidak punya uang untuk membangun kembali rumah saya. Mau berhutang juga tidak mungkin, karena tidak ada uang untuk menyahur hutang. Jangankan berhutang, untuk makan sehari-hari saja kesulitan,”ujarnya.

Untung saja, masyarakat sekitar mau membantu untuk membangun dan mendirikan rumahnya kembali. Dia menempati rumah tersebut bersama satu istri dan ke empat anaknya.

Kasi Statistik Sosial Badan Pusat Satistik (BPS) Kebumen, Fakhrudin Tri Ubajani SSi MSi mengkui, pihaknya yang melakukan pendataan social yang akhirnya berujung pada pembangian Kartu Jamkesmas. Namun pihaknya mengaku hanya mendata rumah tangga sasaran saja, bukan rumah tangga miskin.”Kami tidak menentukan kriteria dan klasifikasi warga miskin yang menerima bantuan Jamkesmas,”jelasnya.

sumber : Kebumen ekspress, K3D Kebumen

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,051 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>