Don't miss

Sejarah PPID Kebumen

By on November 14, 2013

KEBUMEN – Sebagaimana  kita ketahui bahwa Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik telah diundangkan pada tanggal 30 April 2008 dan  telah  berlaku efektif tanggal 30 April 2010.  Pasal 21 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU Nomor 14 Tahun 2008, menegaskan bahwa Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) harus sudah ditunjuk paling lama 1 (satu) tahun terhitung sejak PP ini diundangkan. PP itu sendiri diundangkan pada 20 Agustus 2010 sehingga PPID mestinya harus sudah  ditunjuk selambat-lambatnya tanggal 20 Agustus 2011.

Pemda Kebumen merespon UU tersebut dengan cepat pada Mei 2010. Ini bisa di lihat dalam dokumen Rekapitulasi pembentukan PPID pada semua kabupaten di Indonesia pada 1 Oktober 2013, kementerian dalam negeri. Pemkab Kebumen menyediakan berbagai media informasi . Seperti Ratih TV (Selamat Pagi  Kebumen)  , radio IN FM, Press Center, Website Pemkab dan Dinas. Sebagai uji langsung, Komunitas Informasi Pojok JKN pada 30 September 2013 juga melakukan pertemuan dengan beberapa kepala Institusi kesehatan di Kebumen, seperti Kepala Puskesmas 3, Bag. Pelayanan Medis RSUD, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala PT ASKES. Dalam pertemuan itu komunitas meminta informasi secara formal kertas tertulis, dan langsung di tanggapi. Walau sistem publikasi informasi di masing-masing dinas sudah ada bagianya sendiri, namun kepala dinas langsung menemui komunitas memberikan informasi yang di minta sebagai pembantu PPID di tingkat SKPD. Permintaan informasi Koumnitas tersebut juga dalam rangka praktek langsung prosedur formal seperti yang di atur dalam UU KIP.

PPID Ibarat Customer Service

Bagian Humas dan Protokol Setda Kebumen mengatakan, Peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada sebuah badan publik cenderung seperti peran customer service. Tentu berbeda dengan fungsi humas yang lebih berperan untuk menciptakan citra baik. Fungsi PPID adalah melakukan Penghimpunan, penataan dan penyimpanan informasi publik dari seluruh unit kerja di badan publik. Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Komisi Informasi Propinsi jawa Tengah Bona Ventura,SH,MH dan Achmad Labib, saat monitoring pelaksanaan layanan informasi di Kabupaten Kebumen, di press center, Selasa ( 24/7/2012). Hadir dalam kesempatan tersebut Plt sekda drh Djatmiko, Asisten Pemerintahan H Adi Pandoyo,SH,M.Si, Staf ahli Bupati Bidang pemerintahan RAI Ageng Sulistyo H,S.IP, Kabag Humas dan Protokol Setda Kebumen Drs Edy Purwoko,M.Si serta perwakilan dari satker terkait. Berdasarkan pasal 13 UU No. 14 Tahun 2008, setiap Badan Publik menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan membuat dan mengembangkan sistem penyediaan layanan informasi secara cepat, mudah, dan wajar sesuai dengan petunjuk teknis standar layanan Informasi Publik yang berlaku secara nasional.

Hal tersebut merupakan langkah awal berkerjanya PPID sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya untuk mewujudkan pelayanan cepat, tepat, dan sederhana setiap Badan Publik. Menyinggung masih rendahnya tingkat akses informasi yang terjadi Kabupaten kebumen Staf Ahli Bupati RAI Ageng SulistyoH,S.IP mengatakan hal tersebut kemungkinan karena adanya beberapa saluran komunikasi yang telah disediakan Pemkab Kebumen sebagai media informasi . Seperti Ratih TV , radio IN FM, Press Center, Wesite Pemkab serta Surat Dari Bupati. “Sehingga berbagai informasi yang ingin masyarakat dapatkan sudah terpenuhi lewat medai tersebut ” ungkap Ageng. Meski begitu pihaknya juga tidak mengelak, bila pemahaman masyarakat Kebumen akan Keterbukaan Informasi juga masih kurang. Seperti sosialisasi tentang berbagai produk hukum layanan informasi, termasuk berkaitan dengan fungsi dan tugas PPID.

Monitoring Dan Evaluasi KPID Jateng Di Kebumen

Di Gedung Presscenter Kamis (3/7), Pemerintah Kabupaten Kebumen menerima kunjungan dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah pada 4 Juli 2013. Rombongan yang dipimpin oleh Labib Ahmad Asrori dari Komisioner KIP Jawa Tengah diterima oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kebumen Drs Drajat Tri Wibowo. Hadir dalam acara tersebut Kasi Pengelolaan Program dan Multimedia Bidang Kominfo pada Dishubkominfo kabupaten Kebumen Moch. Nasir SH, M.Eng, Karyawan-karyawati Bagian Humas dan Protokol Setda Kebumen. Labib Ahmad Asrori menjelaskan maksud dan tujuannya datang ke Kebumen yaitu untuk mengetahui sejauhmana implementasi PPID di seluruh Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Kebumen, mendorong secara terus menerus UU keterbukaan Informasi Publik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain dasar hukum PPID, tupoksi PPID, SOP Pelayanan Informasi, Kesekretariatan PPID yang meliputi Infrastruktur, Konten, Sengketa, Alur beracara, keberatan.

sumber; Website Kebumenkab, Website Kemendagri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,104 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>