Don't miss

Sekdes Keseneng Temukan Penerima PBI Tidak Tepat Sasaran

By on November 3, 2015

Sekretaris Desa Keseneng Wonosbo Sukardi mempermasalahkan data kepesertaan Penerima Bantuan Iuran  (PBI) yang berasal dari BPJS tidak sesuai dengan kondisi masyarakat Desa yang dipimpinnya itu. Ia menerangkan bahwa jumlah data pra sejahtera tidak sebanyak jumlah perserta PBI.

“Hal ini terlihat saat dilakukan pembandingan data kesejahteraan mandiri desa denga data existing dari BPJS Kesehatan. Padahal sebelumnya, kita sudah melakukan pendataan kesejahteraan masyarakat secara mandiri dan sesuai dengan indikator dan kesepakatan yang dibuat,” kata Sukardi dalam acara Loka Latih Data Kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Pemantauan Layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Oktober lalu di Balai Desa Keseneng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Akibatnya, kata dia, ketidaksinkronan data kepesertaan PBI terdapat anggaran yang tidak tepat sasaran. “Ada surplus peserta PBI yang memperlihatkan ada iuran yang berlebih,” terangnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bagian Sosial dan Kesra Disan Sosial Kabupaten Wonosos Siswanto yang mengaku data Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2011 baru diperbaruhi lima tahun kemudian.

“Baru dilakukan pemutakhiran data PPLS tahun 2011 pada tahun 2015,” ujar Siswanto.

Atas persoalan itu, dia mengharapkan adanya perbaikan data dengan mengajakan semua masyarakat terlibat. Mengingat, pendataan kepesertaan PBI diperlukan masyarakat untuk menanggung kesehatan dengan tepat dan efisien.

“Pendataan kesejahteraan desa secara mandiri yang telah dilakukan oleh Desa Keseneng dan Desa Lengkong, menjadi salah satu contoh upaya partisipatif masyarakat dalam sistem pemutakhiran data,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Sukardi dan Siswanto hadir ke Loka Latih Data Kepesertaan PBI dan Pemantauam Layanan JKN untuk sosialisasi terkait pelaksanaan BPJS Kesehatan di Desa Keseneng. Acara yang diselenggarakan Media Link berbentuk diskusi antara warga, perangkat desa dan pihak BPJS Kesehatan.

Harapannya melalui kegiatan diskusi yang melibatkan berbagai elemen masyarakat pada agenda Loka Latih akan memberikan pengetahuan terkait pelaksanaan JKN, meningkatkan kapasistas masyarakat untuk mampu melakukan verifikasi data kepesertaan PBI dan mampu melaksanakan pemantauan Layanan Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,765 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>