Don't miss

Sosialisasi JKN di tingkat Desa

By on May 24, 2014

Advokasi BPJS6ASIK Kebumen-Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang di selenggarakan oleh BPJS Kesehatan berjalan hampir 5 bulan. Namun sosialisasi belum merata sampai ke tingkat desa di seluruh Kebumen.

BPJS Kebumen sudah berkoordinasi dengan seluruh Kepala Puskesmas di kabupaten Kebumen beberapa waktu yang lalu, untu melakukan sosialisasi bersama di desa di wilayah Puskesmas masing-masing, tutur Suwarto kepada Komunitas Informasi Pojok JKN (9/5). Sosialisasi di tingkat desa memang baru bisa kami lakukan mulai Mei ini. Kami juga berterima kasih kepada Komunitas Informasi Pojok JKN yang telah sampai pada tingkat desa. Upaya Komunitas sangat membantu kami. Ini terbukti dengan Komunitas membuka layanan pengaduan informasi JKN di sekretariat Komunitas, dan kabarnya cukup banyak yang mengadu. Ini sangat membantu kami, karena kami SDM nya sangat terbatas, tegas Suwarto.

Kepala Puskesmas Kebumen III, H Tri Tunggal Eko Sapti, SKM, MPH, kepada Komunitas Informasi Pojok JKN (12/5) mengatakan, Puskesmas Kebumen III secepatnya akan berkoordinasi dengan Pihak Kepala Desa di wilayah Puskesmas Kebumen III yang meliputi 4 desa dan 2 kelurahan yaitu, desa Kutosari, Gemeksekti, Jemur, Karangsari, Kelurahan Kebumen dan Bumirejo untuk menentukan waktu sosialisasi JKN. Walaupun beberapa desa di wilayah Puskesmas Kebumen III sudah pernah berdiskusi dengan Komunitas Informasi Pojok JKN, namun kami tetap menjadwalkannya, mengingat informasi JKN ini sangat luas. Dan komunitas, masih berada di dalamnya untuk bersama-sama mengawal jalannya kegiatan ini.

Program penyakit kronis, nanti juga bisa di sampaikan di dalamnya, termasuk informasi kesehatan lainnya yang berhubungan dengan JKN. Kita upayakan, sebulan senam sebanyak 2 kali, begitu juga dengan sosialisasi JKN sebulan 2 kali, jadi dalam satu bulan ada 4 kali kegiatan. Namun khusus untuk yang sosialisasi, ini menunggu kesanggupan kepala desa masing-masing. Kalau di bulan Mei ini desa belum siap, kami berharap di bulan depan (Juni) sudah ada kejelasan dari pemerintah desa, tegas Eko Sapto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,108 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>