Don't miss

Sosialisasi yang Tepat untuk JKN yang Tepat Guna

By on January 24, 2014

Sosialisasi yang Tepat untuk JKN yang Tepat GunaJAKARTA—Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berlaku pada 1 Januari 2014, namun seiring dengan pelaksanaannya masih terdapat beberapa hal yang tidak berjalan dengan semestinya. JKN sebagai salah satu program pemerintah yang bergelut di bidang kesehatan secara langsung berfungsi sebagai badan penyedia layanan publik sehingga harus memberikan informasi publik. Penyediaan informasi publik yang dilakukan oleh pemerintah kurang memadai, sehingga dalam pelaksanaan JKN tidak bisa maksimal. Selama ini metode BPJS dalam mensosialisasikan JKN melalui media TV, membuat masyarakat yang menonton tidak dapat menangkap substansi informasinya secara jelas.

Sosiaslisasi yang tidak tepat membuat informasi mengenai JKN hanya diterima oleh beberapa pihak saja, selain karena minimnya dana untuk proses sosialisasi, penggunaan teknologi yang tidak tepat guna merupakan salah satu penyebabnya. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Mujtaba, salah satu perwakilan dari MediaLink pada saat diskusi MediaLink dengan beberapa orang staf dari kominfo, ICJR (Institute for Criminal Justice Reform), serta IBC (Indonesia Budget Center) di Hotel Akmani, Gondangdia, Jakarta (09/01/14).

“JKN ini persoalan hak warga negara bukan pemasaran komoditas, sehingga metode sosialisasi yang digunakan harus diubah. Seringkali sosialisasi yang dilakukan baik dalam roadmap hanya melakukannya di website. Ini menjadi penting karena berkaitan dengan kesenjangan infrastruktur dan literasi teknologi,” tegasnya dalam diskusi tersebut.

Sosialisasi tentang pelaksanaan JKN sendiri seharusnya tidak melulu menggunakan media website serta media cetak maupun elektronik lainnya untuk memaksimalkannya. Namun bisa mendaur-ulang atau meningkatkan hal-hal yang sebelumnya sudah ada untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Misalnya dengan menggunaan mobil keliling, media centre, serta adanya desa internet seperti sosialisaasi yang dilakukan oleh Kominfo yang berkewajiban sebagai badan publik yang mensosialisasikannya. Dengan adanya kendala dana yang minim dari pemerintah seharusnya berbagai pihak harus berpikir kreatif agar pelaksanaan JKN bisa berjalan sebagaimana mestinya dengan ditunjang upaya keterbukaan informasi tentunya. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,818 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>