Don't miss

Sutrisno, Selalu Memperjuangkan Warga Miskin Trikarso

By on December 27, 2013

luraheASIK Kebumen – Pendidikan dan Kesehatan merupakan hak dasar warga miskin yang harus terpenuhi, kedua hal tersebut selalu menjadi persoalan yang berat bagi warga miskin. Warga yang kesulitan biaya pendidikan dan kesehatan harus di perjuangkan. Itulah sekelumit pernyataan Sutrisno, Kepala Desa Trikarso Kec. Sruweng Kab. Kebumen. Lelaki paruh baya ini, hidup dengan sederhana. Menurutnya, tak pantas pejabat di desa bermewah ria seperti memakai mobil yang terparkir di halaman rumah. Dia berpendapat, selayaknya pejabat, walau di tingkat desa, berpenampilan sederhana di tengah masih banyak warganya yang masih miskin. Dengan bergaya sederhana dan apa adanya, akan membuat tak ada jarak antara pejabat desa dengan warganya. Mereka enjoy saja, tidak ewuh pekewuh manakala harus bertemu menyampaikan aspirasi, ujarnya.

Sebelum Sutrisno menjadi kepala desa, dia adalah ketua FKD (Forum Kesehatan Desa) sejak tahun 2002 hingga sekarang. Menjadi kepala desa tak mengubah pandangannya, bahwa kebutuhan dasar warga harus terpenuhi. Kegiatan FKD, adalah memperjuangkan hak warga miskin yang membutuhkan biaya. Di bidang kesehatan misalnya, bentuknya adalah, setiap warga di tarik sejumlah uang sampai Rp.9000,- rupiah. Uang yang terkumpul, di gunakan untuk warga yang tidak mampu, untuk membiayai biaya rumah sakit ketika rawat inap. bahkan ini berjalan sampai tahun 2012. FKD sempat meminta bantuan ambulan desa kepada pemerintah kabupaten. Namun tidak di kabulkan dengan alasan, belum waktunya desa memiliki fasilitas ambulan desa. FKD juga sudah sempat jalan, peningkatan kesehatan warga dengan pembangunan sanitasi WC, yang menelan biaya sampai 15 juta (bantuan dari Pemda) untuk beberapa warga. Salah satu warga juga pernah di bantu FKD untuk membiayai biaya rumah sakit tingkat lanjut yang menelan biaya puluhan juta rupiah. Sebanyak 7 orang dari beberapa desa berpenyakit Thalasemia sudah di upayakan ke lembaga sosial yang ngurusi soal thalasemia di Purwokerto.

Sutrisno, menyambut baik program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), informasi ini di bawa oleh Komunitas Informasi Pojok JKN Kebumen ke desa Trikarso. sebelumnya, belum ada instansi yang masuk membawa informasi JKN ke Trikarso. Menurutnya, esensi JKN di desa Trikarso sudah jalan sebelum JKN ada. Tinggal memperjuangkan agar semua warga miskinTrikarso tercover semua. Demikian juga sebaliknya, warga yang mampu mempunyai kesadaran untuk membayar iuran bulanan ke BPJS Kesehatan. Dengan adanya JKN ini, FKD yang sempat meredup akan bangkit kembali minimal untuk mengawasi jalannya Jaminan Kesehatan di Trikarso yang di selenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,051 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>