Don't miss

Tiga Keuntungan Masyarakat Ikut Jaminan Kesehatan Nasional

By on November 4, 2015

Kepala Unit Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Wonosobo Prasetya Anang Braja menyebutkan bahwa masyarakat di Indonesia memerlukan jaminan kesehatan. Menurutnya, ada tiga keuntungan yang diperoleh apabila memiliki Jaminan Kesehatan Nasional.

“Yang pertama akan mampu memberikan jaminan pelayanan kesehatan seumur hidup,” kata Prasetya dalam acara Loka Latih Data Kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Pemantauan Layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Oktober lalu di Balai Desa Keseneng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Keuntungan selanjutnya, kata dia, jaminan kesehatan agar masyarakat untuk mengantisipasi pendanaan apabila sewaktu-waktu mereka mengalami sakit mendadak.

“Jadinya, jaminan kesehatan memberikan ketenangan bagi semua,”ujarnya.

Selain itu, jaminan kesehatan akan menghindarkan masyarakat dari pengeluaran yang berlebihan. “Mampu menghindarkan kita dari kebangkrutanlah,” pungkasnya.

Hal ini sudah berdasarkan hukum Undang-undang Nomer 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial. Serta Undang-undang No 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Pasal 5 ayat (1) dan Pasal 52.

Untuk diketahui, Prasetya hadir ke Loka Latih Data Kepesertaan PBI dan Pemantauam Layanan JKN untuk sosialisasi terkait pelaksanaan BPJS Kesehatan di Desa Keseneng. Acara yang diselenggarakan Media Link berbentuk diskusi antara warga, perangkat desa dan pihak BPJS Kesehatan.

Harapannya melalui kegiatan diskusi yang melibatkan berbagai elemen masyarakat pada agenda Loka Latih akan memberikan pengetahuan terkait pelaksanaan JKN, meningkatkan kapasistas masyarakat untuk mampu melakukan verifikasi data kepesertaan PBI dan mampu melaksanakan pemantauan Layanan Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,765 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>