Don't miss

WARGA KEBUMEN SERBU KANTOR BPJS

By on January 16, 2014

antriKEBUMEN-Animo masyarakat Kebumen terhadap program Jaminan Kesehatan baru dari pemerintah yang di sebut Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cukup tinggi. Ini terlihat dari jumlah antrian warga yang memadati kantor BPJS Kebumen yang berada di jalan HM Sarbini tak jauh dari kantor Kelurahan Bumirejo.

Sejak di luncurkan pada 1 Januari kemarin dalam sehari tak kurang dari 78 hingga 90 orang yang mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. hanya saja terbatasnya loket dan petugas menjadikan masyarakat lama mengantri pendaftaran.

Kepala operasional BPJS Kesehatan Kebumen, Suarto SE MM mengaku, sejak di bukanya pendaftaran untuk program BPJS, puluhan masyarakat Kebumen mulai mendatangi kantornya untuk mendaftar.

Hampir semua pendaftar terdiri dari peserta umum yang belum terdaftar di program Askes maupun Jamkesmas, kata Suwarto di temui di ruang kerjanya, Kamis (9/1). Data yang sudah masuk, kata dia, rata-rata yang mendaftar peserta umum kelas III dengan pembayaran premi Rp. 25.500 perorang perbulan.

Di jelaskan, sejak di bukanya pendaftaran pada hari Kami (2/1) sampai Kamis (9/1) tercatat 430 orang sudah resmi terdaftar menjadi peserta BPJS. Kendati, banyak yang mengantri untuk mendaftar, pihaknya membatasi pelayanan pendaftaran hingga pukul 14.30 WIB. Untuk pelayanan pendaftaran program ini kita batasi. Karena masyarakat yang datang terlalu banyak. jadi untuk mengantisipasi lonjakan para pendaftar. Kami memilih untuk membatasi pelayanan tersebut, jelasnya.

Suwarto mengakui, tenaga pelayanan memang masih kurang. Banyak masyarakat yang mendaftar dan minimnya petugas menjadi penyebab lambannya proses pendaftaran. Sementara, kata dia menlanjutkan, pihaknya harus melayani seluruh masyarakat Kebumen. Biasanya kita melayani tidak sampai 5 menit. Tapi karena kondisinya ramai, jadi masyarakat harus sabar. Bahkan sekarang kita layani sampai pukul 14.30 WIB katanya.

Untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang hendak mendaftar, dari 4 tenaga layanan yang ada, pihaknya akan menambah tenaga pelayanan lagi. Namun masih belum bisa di tentukan jumlahnya karena sedang dalam proses perekrutan, ujarnya. Ia menjelaskan, masyarakat yang ingin mendaftar BPJS, cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan mengisi formulir registrasi.

Layanan BPJS kesehatan terbagi tiga kelas. Untuk kelas I angsurannya sebesar Rp 59.500 perorang perbulan, kelas II Rp 42.500 per orang perbulan, dan kelas III Rp 25.500 perorang perbulan. Layanan yang di dapatkan sama, bisa mencover semua penyakit. Hanya saja di rawat di kelas yang berbeda tergantung ia mendaftar di kelas mana, imbuhnya.

Sementara itu, Suprapto (47) salah satu warga desa Poncowarno kecamatan Poncowarno, yang juga akan mendaftar sebagai peserta umum BPJS mengeluhkan lambannya pelayanan. Menurutnya, seharusnya pihak terkait membuat loket pendaftaran yang lebih banyak. saya mengantre sudah berjam-jam. Tapi saya belum di panggil juga. Harusnya loket pendaftarannya di tambah. Karena sekarang sudah banyak masyarakat yang akan mendaftar BPJS. Maka dari itu harus dilakukan antisipasi agar prosesnya tdiak lambat, himbaunya.

Sumber: Kebumen Ekspress, Jum’at (10/1/14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,108 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>