Don't miss

Warga Tengkurak Serang Hadiri Konsinyering Gugatan Ciujung

By on September 19, 2016

SAMSUNG CAMERA PICTURESJAKARTA-Sejumlah Warga Tengkurak Kecamatan Serang mengikuti konsiyering gugatan Class Action di Jakarta pada 15 September 2015 lalu. Acara yang diselenggarakan oleh WALHI ini juga menghadirkan beberapa pengacara Walhi, Peneliti dari ICEL dan Media Link. Manager Penanganan Kasus & Emergency Resopnse Walhi Edo Rakhman menyampaikan jika acara ini dalam rangka untuk menyusun draf gugatan Class Action Pencemaran Ciujung. Karena itu menurut Edo sangat penting menghadirkan warga Tengkurak yang merupakan korban langsung dari pencemaran Sungai Ciujung.

Warga Tengkurak bernama Anton Susilo dalam kesempatan tersebut menyampaikan jika dirinya bersama dengan teman yang lain datang ke acara itu dengan maksud untuk memberikan keterangan se gamblang mungkin terkait dengan pencemaran sungai Ciujung. Salah satunya mulai kapan Sungai Ciujung tercemar, sejak kapan Sungai Ciujung tidak bisa dipakai buat mandi, dan sejak kapan Ikan-ikan di sungai mati ataupun ikan di tambak lamban pertumbuhannya.

Sekadar diketahui Sungai Ciujung yang melintas di tiga kabupaten; Pandeglang, Serang, dan Lebak telah menjadi penyangga kehidupan masyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman, pemanfaatan sungai Ciujung sangat dipengaruhi tidak saja oleh aktifitas keseharian masyarakat. Aktifitas industri di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciujung telah memberikan dampak signifikan atas perubahan kondisi sungai. Sehingga, sungai Ciujung sebagai harta sosial dan budaya secara perlahan berubah menjadi media pembuangan limbah industri.

Terkait dengan Pencemaran sungai tersebut sudah ada upaya dari dewan perwakilan rakyat komisi VII DPR RI, Bupati Serang dan pimpinan PT. IKPP. Dimana dalam pertemuan tersebut dinyatakan bahwa izin pembuangan air limbah PT IKPP serang Nomor : 667/07-IPL/Penceg dari kabupaten serang telah berakhir, sehingga pembuangan air limbah PT IKPP ke sungai Ciujung tidak memiliki izin.

Pencemaran sungai Ciujung terungkap dalam dokumen audit lingkungan PT. IKPP. Audit lingkungan ini mencakup kualitas air sungai, tapak fisik pabrik, serta ketidaktaatan terhadap peraturan dan perizinan. Penetapan Audit Lingkungan Hidup Wajib Kegiatan PT.IKPP Serang berdasarkan surat Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) No. B-6585/Dep.I/LH/07/2011 tanggal 21 juli 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

3,765 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>